Monday, February 22, 2016

SKL 2016




SKL BAHASA INGGRIS SMK 2016
No.
Kompetensi
Indikator
1.



Listening (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional,
monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
1.       Pictures

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.  (soal 1)

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar. (soal 2)

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar. (soal 3)

2.Questions/Statements-Responses

Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ pendapat. (soal 4, 5)

Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan /penawaran (soal 6,7)

3. Short Conversation

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung (soal 8)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang memberikan pujian (soal 9)

Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau (soal 10)

Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang pilihan tindakan (soal 11)

4. Short Talk (Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk news item atau report (soal 12 – 13)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk. (soal 14 – 15)

2.
Reading (Membaca)
Memahami dan merespon makna
dalam wacana tulis
fungsional
pendek dan esai sederhana bentuk
recount/news item/procedure secara
akurat dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.

5. Error Recognition

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat (soal 16)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang. (soal 17)


Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan. (soal 18)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu /pendapat seseorang /persetujuan (soal 19)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan keharusan (soal 20)

6. Reading Comprehension

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis. (soal 21 – 22)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi sesuatu atau seseorang (soal 23 – 24)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions /biography (soal 25 – 26)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan. (soal 27 – 28)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks recount (soal 29 – 31)

3.
Writing (Menulis)
Mengungkapkan dan merespon makna interpersonal dan
transaksional, esai/monolog pendek
dan teks fungsional pendek berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
7. Incomplete Dialog

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu persetujuan (soal 32)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.  (soal 33)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian (soal 34)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pengandaian (soal 35)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang (soal 36)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan yang sedang berlangsung (soal 37)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund (soal 38)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kalimat langsung dan tidak langsung (soal 39)


Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang telah berlangsung dan mengacu pada kesudahannya (soal 40)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pujian (soal 41)



8. Cloze Test

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada suatu news item (soal 42 – 44)

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan (soal 45 – 47)

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada recount text (soal 48 – 50)







No comments:

Post a Comment