SKL BAHASA INGGRIS SMK
2016
No.
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.
|
Listening (Mendengarkan)
Memahami makna
dalam wacana
lisan
interpersonal, transaksional,
monolog
sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
|
1.
Pictures
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan
yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor)
sesuai dengan gambar. (soal 1)
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi
suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar. (soal 2)
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan
(ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar. (soal 3)
|
2.Questions/Statements-Responses
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ pendapat. (soal 4, 5)
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan
/penawaran (soal 6,7)
|
||
3. Short
Conversation
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan
yang sedang berlangsung (soal 8)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang memberikan pujian (soal 9)
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau
(soal 10)
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang pilihan tindakan (soal
11)
|
||
4. Short Talk
(Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk
news item atau report (soal 12 – 13)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk
pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk. (soal 14 – 15)
|
||
2.
|
Reading (Membaca)
Memahami dan
merespon makna
dalam wacana
tulis
fungsional
pendek dan esai
sederhana bentuk
recount/news
item/procedure secara
akurat dan
berterima dalam konteks
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
|
5. Error Recognition
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
benda/tempat (soal 16)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang. (soal 17)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan
pengandaian/pilihan tindakan. (soal 18)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan
seseorang terhadap sesuatu /pendapat seseorang /persetujuan (soal 19)
Menentukan kata/frasa
yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan keharusan (soal 20)
|
6. Reading
Comprehension
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
(soal 21 – 22)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi sesuatu atau seseorang (soal 23
– 24)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu
lampau/job descriptions /biography (soal 25 – 26)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna
kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/
resep/ petunjuk/instruksi atau iklan. (soal 27 – 28)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna
kata/frasa dalam sebuah teks recount (soal 29 – 31)
|
||
3.
|
Writing
(Menulis)
Mengungkapkan
dan merespon makna interpersonal dan
transaksional,
esai/monolog pendek
dan teks
fungsional pendek berkaitan
dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
|
7. Incomplete Dialog
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu persetujuan
(soal 32)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive
voice. (soal 33)
Menentukan ungkapan
untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian (soal 34)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pengandaian (soal 35)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang
(soal 36)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan yang sedang berlangsung
(soal 37)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan
rutin/gerund (soal 38)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kalimat langsung dan tidak
langsung (soal 39)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang telah
berlangsung dan mengacu pada kesudahannya (soal 40)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pujian (soal 41)
|
8. Cloze Test
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada suatu news item
(soal 42 – 44)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan (soal 45 – 47)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada recount text
(soal 48 – 50)
|
||
No comments:
Post a Comment