Friday, February 21, 2014

Untuk Kelas XII

SKL BAHASA INGGRIS SMK 2013/2014
No.
Kompetensi
Indikator
1.



Listening (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal, transaksional,
monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
1.       Pictures

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.  (soal 1, 4)

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar. (soal 2)

Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar. (soal 3)

2.Questions/Statements-Responses

Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ pendapat. (soal 5)

Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan /penawaran (soal 6)

Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat
(soal 7)

3. Short Conversation

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung (soal 8)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang. (soal 9)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian (soal 10)

Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah) (soal 11)

4. Short Talk (Monolog)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu. (soal 12 & 13)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk. (soal 14 & 15)




2.
Reading (Membaca)
Memahami dan merespon makna
dalam wacana tulis interpersonal dan
transaksional, esai/monolog pendek
dan teks fungsional pendek berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari,
pekerjaan dan keprofesian.
5. Error Recognition

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan
(soal 16)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions
(soal 17)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang. (soal 18)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan. (soal 19)

Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang (soal 20)

6. Reading Comprehension

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
(soal 21, 22)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
(soal 23, 24, 25)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions (soal 26, 27)

Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan. (soal 28, 29, 30)

3.
Writing (Menulis)
Mengungkapkan dan merespon
makna dalam teks tulis fungsional
pendek dan esai sederhana bentuk
recount/news item/procedure secara
akurat dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
7. Incomplete Dialog

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.
(soal 31)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah  (soal 32)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran. (soal 33)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund (soal 34)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa. (soal 35)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran. (soal 36)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau)
(soal 37)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag (soal 38)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice. (soal 39)

Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense
(soal 40)



8. Cloze Test

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo (soal  41, 42, 43, 44)

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan (soal 45, 46, 47)

Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat (soal 48, 49, 50)





No comments:

Post a Comment