SKL BAHASA INGGRIS SMK
2013/2014
No.
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.
|
Listening (Mendengarkan)
Memahami makna
dalam wacana
lisan
interpersonal, transaksional,
monolog
sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
|
1.
Pictures
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan
yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor)
sesuai dengan gambar. (soal 1, 4)
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi
suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar. (soal 2)
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan
(ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar. (soal 3)
|
2.Questions/Statements-Responses
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ pendapat. (soal 5)
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan
/penawaran (soal 6)
Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/
pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi
suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat
(soal 7)
|
||
3. Short
Conversation
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan
yang sedang berlangsung (soal 8)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan
sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang. (soal 9)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi
tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian (soal
10)
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari
percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa
lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah) (soal 11)
|
||
4. Short Talk
(Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang
proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu. (soal 12
& 13)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi
rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk
pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk. (soal 14 & 15)
|
2.
|
Reading (Membaca)
Memahami dan
merespon makna
dalam wacana
tulis interpersonal dan
transaksional,
esai/monolog pendek
dan teks
fungsional pendek berkaitan
dengan
kehidupan sehari-hari,
pekerjaan dan
keprofesian.
|
5. Error Recognition
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan
perbandingan benda/peraturan atau penolakan
(soal 16)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
benda/tempat wh-questions
(soal 17)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi
fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang. (soal 18)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan
pengandaian/pilihan tindakan. (soal 19)
Menentukan
kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan
seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang (soal 20)
|
6. Reading
Comprehension
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat
atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
(soal 21, 22)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat
atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
(soal 23, 24, 25)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat
atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions
(soal 26, 27)
Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum
atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa
dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/
petunjuk/instruksi atau iklan. (soal 28, 29, 30)
|
||
3.
|
Writing
(Menulis)
Mengungkapkan
dan merespon
makna dalam
teks tulis fungsional
pendek dan esai
sederhana bentuk
recount/news
item/procedure secara
akurat dan
berterima dalam konteks
kehidupan
sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
|
7. Incomplete Dialog
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu
kemungkinan/ pemberian pendapat.
(soal 31)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah (soal 32)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
(soal 33)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan
rutin/gerund (soal 34)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan
barang/jasa. (soal 35)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran. (soal
36)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to
(kebiasaan waktu lampau)
(soal 37)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan
datang/question tag (soal 38)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive
voice. (soal 39)
Menentukan
ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present
perfect tense
(soal 40)
|
8. Cloze Test
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis
berbentuk surat lamaran kerja/memo (soal
41, 42, 43, 44)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah
pengumuman/pemberitahuan (soal 45, 46, 47)
Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat)
yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur
singkat (soal 48, 49, 50)
|
||
No comments:
Post a Comment